20. Pocari Sweat — #IONDance

Yeah!

Apa yang orang-orang cari dari video ini? Lagunya. Sayangnya, yang terjadi sebenarnya adalah iklan ini dibuat berdasarkan lagu yang dibuat sendiri. Anda dapat mengeceknya melalui tautan ini.

Sebenarnya, iklan ini mengajarkan kita bahwa jika kamu lelah, minumlah cairan isotonik. Sadar bahwa Pocari Sweat adalah produk dari Jepang, tentu aneh jika iklan ini minim unsur Jepangnya. Hadirlah iklan masuk akal ini.

19. Partai Perindo — Mars Partai Perindo

Rahasia Mars Perindo ada pada liriknya. Terima kasih. Sumber: akusenang.com

Terima kasih cuci otaknya, Hary Tanoesoedibjo. Anda mungkin berniat menghadirkan Mars Persatuan Indonesia, sebuah hal yang sangat internal untuk partaimu. Namun karena cara partai ini lahir mirip-mirip Partai Nasional Demokrat, kehadiran mars ini minimal sekali sehari seperti partai tetangga membuat mars ini layaknya lagu wajib nasional. Anda mau tidak mau harus diberi penghargaan sebagai nomine kesembilan belas iklan, aduh, terbaik ini. Selamat!

18. PSA tvOne-Idul Fitri 1437 Hijriah

Nyeki.

Kemenangan dari langit terkirim bagi mereka yang kembali suci.

-Ardiansyah Bakrie-

Salah satu public service announcement dari tvOne. Bagaimana iklan sebelumnya yang menampilkan keburukan dilipat menjadi kebaikan. Suka dengan cara Ardiansyah Bakrie dan kawanannya membuat iklan ini jadi sukses memukau penonton yang menikmati libur lebaran 1437 Hijriah.

17. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia — Aku Bangga Mengantarkan Indonesia Bebas Kusta

Ada.

Bangga? Jika melihat jumlah penonton video iklan ini, mungkin Asri Welas dan kawanannya tersenyum bangga karena iklan mereka cukup viral dan diikuti aneka macam orang Indonesia.

16. SAP — Run Live with SAP: Motorcycle

Ngueeeeng.

SAP (Systemanalyse und Programmentwicklung), salah satu perusahaan perangkat lunak bisnis terdepan, memberikan pengandaian yang cukup kocak mengenai penggunaan alat bisnis mereka. Menengok iklan bisnis motor itu, saya jadi berandai-andai jika bisnis kita bisa sebrutal itu dengan satu jari saja.

Heran kenapa iklan ini langka di TV Indonesia? Kamu jarang lihat iklan Metro TV, sih. Hehehe…

15. McDonald’s Indonesia — Mana Lagi 2016

Kangen iklan Mana Lagi yang pernah dilempar McDonald’s Indonesia tahun 1990-an itu? 25 tahun setelahnya, iklan itu dilempar ulang. Sederhana: dengan bungkus kresek McDonald’s, Anda dapat merasakan kekangenan lirik Mana Lagi yang epik mengobati kekangenanmu.

14. AXIS — #IRITOLOGY no. 72

Yang beb.

Seri “Iritology” dari AXIS, perusahaan telekomunikasi Indonesia yang kini milik XL Axiata, adalah sebuah beban berat bagi mereka sendiri. Iklan perdana mereka terlalu bagus, sampai meraih juara iklan terbaik versi saya tahun lalu. Beban berat ini membuat mereka harus mencari cara lain agar iklan seri ini tidak membosankan. Sayangnya, selain iklan yang masuk urutan keempat belas iklan terbaik ini, tidak ada lagi iklan yang menggugah saya.

Iklan ini baik, terutama kekocakan tokoh utamanya yang sangat ingin dijitak karena mencari pacarnya saja harus sesulit itu.

13. Djarum 76 — Quality

Sangat Up&Up.

Salah satu iklan terbaik Djarum 76 di luar rangkaian iklan jin dalam ceret. Ini juga merupakan contoh terbaik penyegaran jingel setelah McDonald’s. Mungkin setelah Anda menonton iklan ini, Anda mungkin terpikirkan melihat iklan jadul mereka. Lupakan inspirasi “Up&Up” milik Coldplay yang membuat iklan ini terasa “apa sih”.

12. Sprite — Kenyataan yang Menyegarkan

Iya.

Cak Lontong adalah penyelamat Sprite. Setelah kehilangan identitas dari serangkaian iklan sebelumnya, iklan ini membuat Sprite kembali teringat oleh masyarakat. Sedikit jenaka, namun manfaat iklannya terasa.

11. Indomilk — #EpicBananaMilk

Yes!

Usaha keras dilakukan dua model iklan ini. Sapi ditopang hanya oleh sepotong pisang saat berselancar adalah usaha yang sulit. Perlu diganjar penghargaan khusus atas usaha mereka ini.

10. Bukalapak — Hanya Kepulanganmu yang Tak Tersedia di Bukalapak

CEO-nya kena lagi.

Dibanding iklan Bukalapak dalam rangka Hari Belanja Online Nasional 2016 yang diduga mengilhami video klip “Push the Tempo” dari Fatboy Slim, saya cenderung memilih edisi pamungkas seri “Bedug Berkah Bukalapak” ini. Tujuannya sederhana: kamu harus kembali ke orang tuamu. Caranya juga penuh canda dan tidak berat di otak.

9. Telkomsel — Ya Udah Lah by Joko Anwar

Hehehe.

Salah satu iklan terbaik yang diproduseri Joko Anwar. Memang terasa arus utama premis iklannya. Namun, melihat reaksi dua tokoh utama itu, terasa kocak kecanggungan mereka.

8. Gudang Garam International — Bangkok Battle Drift

I’m on fayaaah…

Entah kenapa saya takjub dengan iklan mahal ini. Bagaimana caranya Square Box Cinetech sebagai pembuat iklan menyewa sebagian jalanan Bangkok, Thailand, demi melanggengkan permainan drift dari dua tokoh yang terpampang ini? Yang jelas, iklan ini niat sekali.

7. Mentos — It’s Easy to Connect, with A Little Help

Biang.

Salah satu eksperimen sosial yang cukup mengoyak hati penonton YouTube, plus penonton TV dunia. Ternyata, kecanggungan kita saat bertemu orang baru harus dibantu oleh anak-anak kecil ini. Kampanye dengan pengambilan gambar di London, Britania Raya ini berhasil menyentuh hati penonton Indonesia. Selamat, Mentos!

6. Frisian Flag Purefarm Coconut Delight —Train Station

— — —

Sebelumnya, siapa yang terpikir bahwa perusahaan sengaja mematikan suara omongan dalam iklan hanya untuk pensaran, bahkan dilombakan? Premis tak terpikirkan ini akhirnya dipakai Frisian Flag. Hasilnya: aneh iklannya, rese orangnya, juara hasilnya!

5. Tokopedia — Berani Memulai, Berani Berusaha

Mantaaaap.

Kisah dari copo ke jago kembali dibawa oleh Tokopedia. Lebih berkesan karena salah satunya menceritakan seorang nenek yang bisnis sambalnya meroket naik karena dibawa ke dunia daring.

4. Mizone — Mizone Activ’

Gelut gelut.

Tanpa Dawin — “Dessert” di iklan ini, tidak akan terkenal produk ini. Terima kasih, Dawin!

3. McDonald’s Indonesia — Cita Rasa Spesial dari Negeri Jepang

Tersasar.

McDonald’s Indonesia menyerahkan dua karya mereka di daftar iklan terbaik! Menarik. Mengapa saya pilih ini? Ini dilihat dari premis rasa kasihan seorang samurai yang tersesat di Jakarta. Sedih melihat perjalanannya hingga sampai ke restoran McDonald’s terdekat.

2. AP Boots — Sepatu Baru

Oaaaaaa!!!!

Aduh, ya ampun! Iklan ini sangat kocak! Iseng sekali si gendut menginjak-injak sepatu milik musuhnya. Balasan setimpal memang cocok untuk si gendut ini.

Dan, ini dia juara tahun ini!!!!!!!!



SOURCE